NIM : 1901483225
Kami sepakat untuk mengunjungi PAUD Ananda hari ini untuk mensurvey dan mengamati pengajaran disana meskipun salah satu kelompok kami (Astrid Rahmadin G.) tidak dapat hadir karna berhalangan. Kami memutuskan untuk datang sebelum mengajar karena kami ingin mengetahui bagaimana proses pengajaran di PAUD tersebut agar kami dapat mengajar dengan siap dan baik. Sesampainya disana kami disambut oleh guru-guru dan anak-anak PAUD. Kami tiba sekitar pukul 07.40. Tidak lama kemudian kelas dimulai dan kami pun mengamati proses pengajaran dari awal hingga akhir.
Pertama anak-anak dipandu oleh guru untuk membuat lingkaran dan bernyanyi serta melakukan berbagai macam tepuk. Mereka menyanyi dan melakukan tepuk dengan semangat. PAUD Ananda juga memiliki tepuk khas PAUD mereka. Kemudian kami diajak untuk bergabung ke lingkaran tersebut. Kami pun diminta untuk menyanyi lagu bahasa inggris, dan kami menyanyi twinkle little star. Ternyata anak-anak disana juga tahu lagu itu dan mengikuti kami bernyanyi. Anak-anak disana pintar dan berfikir kritis serta memiliki kreatifitas yang tinggi.
Lalu anak-anak berdoa bersama dan sesi selanjutnya adalah mewarnai gambar. Guru disana meminta bantuan Jessica memandu anak-anak dan mengenalkan gambar yang akan diwarnai yaitu payung.
Anak-anak sedang mewarnai gambar payung dibantu oleh kakak dari Binus.
Kemudian pada saat jam istirahat, anak-anak PAUD makan bekal bersama. Mereka diajarkan berbagi dengan teman mereka dengan berbagi bekal yang mereka bawa. Ini adalah cerminan dari Pancasila sila yang ketiga yaitu persatuan Indonesia.
Anak-anak sedang bermain di jam istirahat.
Anak-anak sedang menulis dan mewarnai huruf Hijaiah.
Setelah semua kegiatan selesai, anak-anak kembali dipandu bernyanyi dan berdoa sebelum pulang. Anak-anak diberikan pertanyaan-pertanyaan sederhana seperti bahasa inggris warna dan hewan, yang bisa menjawab diperbolehkan keluar kelas duluan sambil dibagikan stiker yang akan ditempel di buku stiker mereka masing-masing. Ini dapat membuat anak-anak saling menghargai sesama dan menerima bila teman yang lain dapat menjawab lebih dulu. Anak-anak disana cekatan menjawab sehingga tidak memerlukan waktu yang lama untuk mereka pulang. Namun ada beberapa anak yang belum dijemput oleh orang tua mereka dan menunggu di kelas. Sambil menunggu jemputan, anak-anak bermain bersama dan kami juga bermain puzzle dan origami bersama mereka. Beberapa lama kemudian anak-anak dijemput dan kami berbincang-bincang dengan Kepala Sekolah disana yaitu Ibu Hesti. Ibu Hesti sangat baik dan ramah. Setelah itu kami berpamitan pulang.
To be continue...